Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium. Sebagian besar kista ovarium bersifat non-kanker (jinak) dan tidak menimbulkan gejala. Beberapa menyebabkan masalah seperti nyeri dan pendarahan tidak teratur. Tidak ada pengobatan yang mungkin diperlukan untuk beberapa jenis kista ovarium yang cenderung hilang sendiri. Untuk jenis lain, operasi mungkin disarankan untuk menghilangkan kista.

Apa indung telurnya?

Wanita memiliki dua ovarium, satu di kedua sisi rahim (rahim) di perut bagian bawah (perut). Ovarium berukuran kecil dan bulat, masing-masing seukuran kenari. Ovarium membuat telur. Pada wanita subur, setiap bulan telur (ovum) dilepaskan dari salah satu indung telur. Telur melewati tabung Fallopi ke rahim dimana bisa dibuahi oleh sperma.

Ovarium juga membuat bahan kimia (hormon) termasuk hormon wanita utama – estrogen dan progesteron. Hormon ini masuk ke aliran darah dan memiliki berbagai efek pada bagian tubuh lainnya, termasuk mengatur siklus menstruasi dan menstruasi.

Ovulasi

Pada wanita usia subur, bentuk telur dan matang setiap bulan dalam struktur kecil di dalam ovarium, disebut folikel. Saat telur dilepaskan (saat ovulasi) folikel berubah menjadi struktur kecil yang disebut korpus luteum. Jika Anda hamil, korpus luteum membentuk hormon untuk membantu kehamilan. Jika Anda tidak hamil, korpus luteum menyusut dan hilang dalam beberapa minggu.

Apa itu kista ovarium?

Kista adalah kantung berisi cairan. Kista berkembang di berbagai tempat di dalam tubuh. Bergantung pada jenis kista, cairan di dalam kista bisa berkisar dari tipis dan berair hingga tebal dan seperti pasta. Beberapa kista memiliki bagian luar padat yang padat dengan beberapa cairan di dalamnya.

Kista pada ovarium sangat umum terjadi. Sebagian besar kista ovarium non-kanker (jinak) tapi ada juga yang bersifat kanker (ganas), atau mungkin menjadi kanker seiring berjalannya waktu. Kista ovarium dapat bervariasi dalam ukuran – dari kurang dari ukuran kacang polong seukuran melon besar (kadang-kadang lebih besar). Ada berbagai jenis yang meliputi:

Kista ovarium fungsional

Ini adalah tipe yang paling umum. Mereka terbentuk pada beberapa wanita usia subur (wanita yang masih memiliki menstruasi) bila ada kesalahan fungsional dengan ovulasi. Mereka sangat umum. Ada dua jenis:

  • Kista folikular. Folikel (lihat di ‘Ovulasi’, di atas) terkadang bisa membesar dan mengisi dengan cairan. Mereka dapat terjadi umumnya pada wanita yang menerima perawatan infertilitas.
  • Kista Corpus luteum. Ini terjadi ketika korpus luteum (lihat di ‘Ovulasi’, di atas) mengisi cairan atau darah untuk membentuk kista. Kista yang diisi darah kadang disebut kista hemoragik.
  • Kedua kista ini bisa tumbuh hingga sekitar 6 cm. Mereka biasanya tidak memerlukan perawatan, karena biasanya mereka pergi sendiri dalam beberapa bulan ke depan.

Dermoid kista (kadang-kadang disebut jatah kista dewasa jinak)

Kista dermoid cenderung terjadi pada wanita muda. Kista ini bisa tumbuh cukup besar – sampai 15 cm. Kista ini sering mengandung kandungan ganjil seperti rambut, bagian gigi atau tulang, jaringan lemak, dll. Hal ini karena kista ini berkembang dari sel yang membuat telur di ovarium. Telur memiliki potensi untuk berkembang menjadi semua jenis sel. Jadi, kista ini bisa membuat berbagai jenis jaringan. Pada sekitar 1 dari 10 kasus kista dermoid berkembang di kedua indung telur. Kista dermoid bisa berjalan dalam keluarga.

Cystadenomas

Ini berkembang dari sel-sel yang menutupi bagian luar ovarium. Ada berbagai jenis. Misalnya, sistadenoma serosa terisi dengan cairan tipis dan sistadenoma mukin terisi dengan cairan tipe lendir yang tebal. Jenis kista ini sering menempel pada ovarium oleh tangkai daripada tumbuh di dalam ovarium itu sendiri. Beberapa tumbuh sangat besar. Mereka biasanya jinak tapi beberapa bersifat kanker.

Endometrioma

Banyak wanita yang memiliki endometriosis mengembangkan satu atau lebih kista pada indung telur mereka. Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan endometrium (jaringan yang melapisi rahim) ditemukan di luar rahim. Terkadang membentuk kista yang mengisi dengan darah. Darah tua di dalam kista ini terlihat seperti coklat sehingga kista ini kadang disebut kista coklat. Mereka jinak. Lihat leaflet yang disebut Endometriosis untuk detail lebih lanjut tentang endometriosis.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Polikistik berarti banyak kista. Jika Anda memiliki PCOS, Anda mengembangkan banyak kista jinak kecil di indung telur Anda. Kista berkembang karena masalah ovulasi, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. PCOS dikaitkan dengan masalah menstruasi, berkurangnya kesuburan, pertumbuhan rambut, obesitas, dan jerawat. Lihat leaflet yang disebut Polycystic Ovary Syndrome untuk detail lebih lanjut tentang PCOS.

Lainnya

Ada juga jenis kista ovarium langka lainnya. Ada juga berbagai jenis tumor ovarium jinak yang padat dan bukan kistik (tidak memiliki cairan di tengahnya).

Apa saja gejala, masalah dan komplikasi yang mungkin terjadi?

Sebagian besar kista ovarium berukuran kecil, non-kanker (jinak), dan tidak menimbulkan gejala. Beberapa kista ovarium menyebabkan masalah yang mungkin mencakup satu atau beberapa hal berikut:

  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada perut bagian bawah (abdomen). Rasa sakit mungkin konstan atau sebentar-sebentar. Rasa sakit hanya bisa terjadi saat Anda berhubungan seks.
  • Periode terkadang menjadi tidak beraturan, atau mungkin menjadi lebih berat atau lebih ringan dari biasanya.
  • Kadang kista bisa berdarah sendiri, atau meledak. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit tiba-tiba parah di perut bagian bawah.

Terkadang, kista yang tumbuh pada tangkai dari ovarium dapat memutar tangkai pada dirinya sendiri (torsi). Ini menghentikan darah yang mengalir melalui tangkai ke kista dan menyebabkan kista kehilangan suplai darahnya. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit tiba-tiba parah di perut bagian bawah Anda.

Kista besar dapat menyebabkan perut membengkak, atau menekan struktur di dekatnya. Misalnya, mereka mungkin menekan kandung kemih atau rektum Anda, yang dapat menyebabkan gejala atau konstipasi kencing.

Meskipun kebanyakan kista jinak, beberapa jenis memiliki risiko menjadi kanker. (Lihat selebaran terpisah yang disebut Kanker Ovarium untuk lebih jelasnya.)

Jarang, beberapa kista ovarium membuat sejumlah abnormal zat kimia (atau hormon) wanita yang dapat menyebabkan gejala yang tidak biasa.

Bagaimana kista ovarium didiagnosis?

Karena kebanyakan kista ovarium tidak menimbulkan gejala, banyak kista didiagnosis secara kebetulan – misalnya, selama pemeriksaan rutin, atau jika Anda melakukan pemeriksaan ultrasound untuk alasan lain.

Jika Anda memiliki gejala sugestif kista ovarium, dokter Anda mungkin memeriksa perut Anda dan melakukan pemeriksaan internal (vagina). Dia mungkin bisa merasakan pembengkakan abnormal yang mungkin merupakan kista.

Pemindaian ultrasound dapat mengkonfirmasi kista ovarium. Pemindaian ultrasound adalah tes yang aman dan tidak menyakitkan yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar organ dan struktur di dalam tubuh Anda. Probe pemindai dapat ditempatkan di perut Anda (perut) untuk memindai ovarium. Sebuah probe kecil juga sering ditempatkan di dalam vagina Anda untuk memindai ovarium Anda, untuk mendapatkan gambar yang lebih rinci.

Dokter Anda mungkin juga mengambil sampel darah dan urin Anda. Beberapa wanita mungkin memiliki tes lain – misalnya pemindaian CT atau MRI.

Apa pengobatan kista ovarium?

Spesialis Anda akan memberi saran tentang tindakan terbaik. Hal ini tergantung pada faktor-faktor seperti:

  • Usia kamu.
  • Apakah Anda melewati masa menopause?
  • Penampilan dan ukuran kista Anda dari pemindaian ultrasound.
  • Apakah Anda memiliki gejala apapun.
  • Pengamatan

Banyak kista ovarium kecil akan sembuh dan hilang dalam beberapa bulan. Anda mungkin disarankan untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi berulang setelah beberapa bulan atau lebih. Jika kista hilang maka tidak ada tindakan lebih lanjut yang diperlukan.

Operasi

Penghapusan kista ovarium mungkin disarankan, terutama jika Anda memiliki gejala atau jika kistanya besar. Terkadang spesialis mungkin ingin menghapusnya untuk menentukan jenis kista mana yang tepat dan untuk memastikan tidak ada sel kanker di dalamnya. Sebagian besar kista yang lebih kecil dapat diangkat dengan operasi ‘lubang kunci’ (laparoskopi). Beberapa kista membutuhkan gaya operasi yang lebih tradisional.

Jenis operasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kista, usia Anda, dan apakah kanker dicurigai atau dikesampingkan. Dalam beberapa kasus, hanya kista yang dikeluarkan dan jaringan ovarium terpelihara. Dalam beberapa kasus, ovarium juga diangkat, dan kadang-kadang struktur terdekat lainnya seperti rahim (rahim) dan ovarium lainnya. Spesialis Anda akan memberi tahu pilihan untuk situasi pribadi Anda.

Kista endometriosis terkait dan sindrom ovarium polikistik (PCOS)

baca juga :
cara mengobati gondok
obat herbal kista
agen qnc jelly gamat

Kista Ovarium

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s