Bagaimana Cara Kerja Insulin dan Glukagon

Bagaimana Cara Kerja Insulin dan Glukagon – Insulin dan glukagon adalah hormon yang membantu mengatur kadar glukosa darah, atau gula, dalam tubuh Anda. Glukosa, yang berasal dari makanan yang Anda makan, bergerak melalui aliran darah Anda untuk membantu bahan bakar tubuh Anda.

Insulin

Insulin dan glukagon bekerja sama untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, menjaga mereka dalam kisaran sempit yang dibutuhkan tubuh Anda. Hormon-hormon ini seperti yin dan yang dari perawatan glukosa darah. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana mereka berfungsi dan apa yang bisa terjadi ketika mereka tidak bekerja dengan baik.

Bagaimana insulin dan glukagon bekerja bersama

Insulin dan glukagon bekerja dalam apa yang disebut umpan balik negatif. Selama proses ini, satu peristiwa memicu yang lain, yang memicu yang lain, dan seterusnya, untuk menjaga kadar gula darah Anda seimbang.

Cara kerja insulin

Selama pencernaan, makanan yang mengandung karbohidrat diubah menjadi glukosa. Sebagian besar glukosa ini dikirim ke aliran darah Anda, menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah. Peningkatan glukosa darah ini memberi sinyal pankreas Anda untuk memproduksi insulin.

Insulin memberitahu sel-sel di seluruh tubuh Anda untuk mengambil glukosa dari aliran darah Anda. Ketika glukosa bergerak ke sel-sel Anda, kadar glukosa darah Anda turun. Beberapa sel menggunakan glukosa sebagai energi. Sel lain, seperti di hati dan otot Anda, menyimpan kelebihan glukosa sebagai zat yang disebut glikogen. Tubuh Anda menggunakan glikogen untuk bahan bakar di antara waktu makan.

Cara kerja glukagon

Glukagon bekerja untuk mengimbangi aksi insulin.

Sekitar empat hingga enam jam setelah Anda makan, kadar glukosa dalam darah Anda menurun, memicu pankreas Anda menghasilkan glukagon. Hormon ini memberi sinyal pada hati dan sel-sel otot untuk mengubah glikogen yang tersimpan kembali menjadi glukosa. Sel-sel ini kemudian melepaskan glukosa ke dalam aliran darah Anda sehingga sel-sel Anda yang lain dapat menggunakannya untuk energi.

Seluruh umpan balik ini dengan insulin dan glukagon terus bergerak. Itu membuat kadar gula darah Anda dari mencelupkan www.pakarkista.com terlalu rendah, memastikan bahwa tubuh Anda memiliki pasokan energi yang stabil.

Gangguan glukosa

Pengaturan glukosa darah dalam tubuh Anda merupakan prestasi metabolisme yang luar biasa. Namun, bagi sebagian orang, prosesnya tidak berfungsi dengan baik. Diabetes mellitus adalah kondisi paling dikenal yang menyebabkan masalah dengan keseimbangan gula darah.

Diabetes mengacu pada sekelompok penyakit. Jika Anda menderita diabetes atau prediabetes, penggunaan atau produksi insulin dan glukagon oleh tubuh Anda tidak aktif. Dan ketika sistem dibuang tidak seimbang, itu dapat menyebabkan kadar glukosa yang berbahaya dalam darah Anda.

Diabetes tipe 1

Dari dua tipe utama diabetes, diabetes tipe 1 adalah bentuk yang kurang umum. Ini dianggap sebagai gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh Anda menghancurkan sel-sel yang membuat insulin di pankreas Anda. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, pankreas Anda tidak menghasilkan insulin. Akibatnya, Anda harus mengonsumsi insulin setiap hari. Jika tidak, Anda akan sangat sakit atau Anda bisa mati. Untuk informasi lebih lanjut, baca tentang komplikasi diabetes tipe 1 .

Diabetes tipe 2

Dengan diabetes tipe 2 , tubuh Anda membuat insulin tetapi sel Anda tidak meresponnya secara normal. Mereka tidak mengambil glukosa dari aliran darah Anda seperti yang pernah mereka lakukan, yang mengarah ke tingkat gula darah yang lebih tinggi. Seiring waktu, diabetes tipe 2 membuat tubuh Anda memproduksi lebih sedikit insulin, yang selanjutnya meningkatkan kadar gula darah Anda.

Gestational diabetes

Beberapa wanita mengalami gestational diabetes di akhir kehamilan mereka. Pada diabetes gestasional, hormon yang berhubungan www.agenqncjellygamat.com/cara-mengobati-diabetes-melitus dengan kehamilan dapat mengganggu cara kerja insulin. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan berakhir. Namun, jika Anda menderita diabetes gestasional, Anda berisiko lebih besar terkena diabetes tipe 2 di masa depan.

Prediabetes

Jika Anda memiliki pradiabetes , tubuh Anda membuat insulin tetapi tidak menggunakannya dengan benar. Akibatnya, kadar glukosa darah Anda meningkat, meskipun tidak setinggi yang akan terjadi jika Anda menderita diabetes tipe 2. Banyak orang yang memiliki pradiabetes terus mengembangkan diabetes tipe 2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s